Banner

ma2nkscientist
Blogger Ngalam blog-indonesia.com Trik-Tips Blog

13 November 2008

Berbagai Bid'ah Mengenai Jenazah

1. Meletakkan atau menaburkan bunga pada jenazah atau kuburan.
Perbuatan ini menyerupai orang-orang kafir. Padahal Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menyerupai suatu kaum, dia termasuk kaum itu." (HR. Ahmad)

2. Menghormati arwah para pahlawan dan lainnya, dengan mengheningkan cipta.
Ini adalah bid'ah yang sangat mungkar. Penghormatan baginya cukup dengan doa dan memohonkan ampun baginya.

3. Tidak boleh memajang foto mereka yang sudah mati (demikian pula yang masih hidup), dengan alasan mengenang atau lainnya.
Rasulullah SAW bersabda kepada Ali, "Jangankah biarkan suatu gambar, kecuali kau merusaknya. jangan kau biarkan kuburan yang dibangun, kecuali kau ratakannnya dengan tanah." (HR. Muslim)

4. Mengadakan tahlilan atau takbir ramai-ramai dengan suara tinggi, berkenaan denagn seseorang yang meninggal dunia.

5. Adzan dalam kubur, atau setelah meletakkan jenazah di liang lahat.
Ini tidak pernah dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Padahal beliau bersabda, "Barangsiapa membuat perkara baru dalam agama ini, padahal bukan menjadi bagian (agama)nya, ia tertolak."

6.  Doa bersama setelah sholat jenazah, atau setelah menguburkannya.

7.  Mengubur mayit dengan peti.
Seharusnya mayit dikubur langsung dengan kain kafan, tanpa peti. Kecuali bila kondisi tidak memungkinkan, seperti anggota tubuh yang terpotong, atau peraturan suatu negara mengharuskan memakai peti dan kita tidak bisa untuk tidak menggunakannya, barulah penggunaan peti diperbolehkan.

diambil dari buku "Malam Pertama di Alam Kubur"

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ini gua tambahin hal2 yang berbau bid'ah nya ya...

* Dilarang memasang bendera kuning dirumah orang yang baru aja meninggal, karena dalam hadist Nabi pun tidak pernah disebutkan hal seperti itu. siapa yang melakukannya, termasuk orang yang mengada2.

* Dilarang mengangkut mayat ke kuburan menggunakan mobil jenazah atau ambulance, soalnya dalam hadist Nabi tidak diceritakan pernah mengantarkan mayat menggunakan mobil tsb.

* Dilarang memberikan kabar kematian seseorang melalui sms atau hp, tapi pemberi kabar harus memberitahukannya langsung, karena Nabi juga tidak pernah memberikan kabar melalui sms/hp.

Anonim mengatakan...

Ini ada lagi tambahannya...

Tidak boleh memakai kacamata hitam sewaktu mengantarkan mayat ke kuburan.
Soalnya itu bid'ah, Nabi juga tidak pernah memakai kacamata hitam.

ILMU itu HIDUP is wearing Blue Weed by Blog Oh! Blog | To Blogger by Gre at Template-Godown | Entries (RSS) and Comments (RSS).