Banner

ma2nkscientist
Blogger Ngalam blog-indonesia.com Trik-Tips Blog

17 November 2008

Membuat Program PHP yang Pertama

Sebelum beranjak pada program PHP yang lainnya, terlebih dahulu belajar PHP dengan cara sederhana. Untuk membuat program PHP, terlebih dahulu Anda telah menginstal PHP. Sekarang telah tersedia PHPTriad dan bila Anda belum mempunyai, maka dapat diperoleh dari situsnya : http://www.PHPGeek.com/ dan download.

Setelah itu, aktifkan Web Server Apache-nya, klik start > All Program > PHPTriad > Apache Console > Start Apache.


Untuk mengaktifkan browser, digunakan Internet Explorer. Pada bagian address isikan http://localhost/ atau http://127.0.0.1/ hingga tampil halaman "wellcome"


Di lingkungan Windows, Anda dapat menggunakan Notepad atau textPad, sedangakan di lingkungan LINUX atau UNIX, Anda dapat menggunakan vi, atau Anda juga dapat menggunakan software, seperti Macromedia Dreamweaver atau yang lainnya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Buka program Notepad atau Macromedia Dreamweaver, kemudian ketikkan script PHP berikut:


Kemudian save dengan menklik File > Save As. Pada pernyataan Save in: pilihlah c:\apache\htdocs, lalu isikan File name: Pertama.php dan Save as Type:All files dan klik Save.

Selanjutnya buka browser Internet Explorer. Pada bagian Address isikan dengan http://localhost/Pertama.php/ dan akan muncul sebagai berikut.


SELAMAT MENCOBA


Intisari buku Aplikasi WEB dengan PHP dan My SQL




0 komentar:

ILMU itu HIDUP is wearing Blue Weed by Blog Oh! Blog | To Blogger by Gre at Template-Godown | Entries (RSS) and Comments (RSS).