Banner

ma2nkscientist
Blogger Ngalam blog-indonesia.com Trik-Tips Blog

27 Desember 2008

10 Peristiwa Penting Sepanjang Tahun 2008

Tahun 2008 sebentar lagi berakhir dan seluruh umat di dunia akan kembali menemui tahun yang baru. Tapi sebelum menemui tahun yang baru, tidak ada salahnya kita kembali melihat-lihat kebelakang, peristiwa penting yang telah terjadi selama tahun 2008.
Menurut Metro 10. berikut peristiwa penting yang mewarnai bangsa Indonesia selama tahun 2008 :

10. Wafatnya Soeharto
Meninggalnya presiden ke-2 Republik Indonesia menjadi peristiwa penting nomor 10 sepanjang tahun 2008.

9. Ditangkapnya Aulia Pohan
Ditangkapnya Aulia Pohan dan ditetapkan menjadi tersangka menjadi peristiwa penting ke-9 tahun 2008. Penangkapan ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam memberantas korupsi.

8. Lumpur Lapindo
Pembayaran ganti rugi korban lumpur lapindo yang berlarut-larut, membuat bencana alam ini menjadi sorotan publik dan menduduki peristiwa penting nomor 8.

7. Mutilasi Ryan
Kasus pembunuhan disertai mutilasi sempat mencengangkan publik. Pembunuhan yang dibilang sadis ini menjadi peristiwa penting nomor 7 sepanjang tahun 2008

6. Banjir
Hujan yang terus menerus turun dan buruknya saluran air menyebabkan banjir dimana-mana. Tercatat disejumlah kota besar di Indonesia diserang banjir, seperti banjir di Riau, NAD, Jawa Barat, Samarinda, Sumatra Utara, serta Kalimantan Selatan

5. Bencana Alam
Masih berhubungan dengan alam, sepanjang tahun 2008 ini cukup banyak bencana alam yang terjadi, seperti gempa bumi, tanah longsor hingga angin puting beliung. Bencana alam ini menjadi peristiwa penting nomor 5 sepanjang tahun 2008.

4. Krisis Ekonomi Global
Kehancuran perekonomian Amerika berimbas kepada negara-negara lain. Tidak terkecuali Indonesia. Indonesia sendiri mengalami krisis yang ditandai anjoknya nilai tukar rupiah terhadap dollar dan hancurnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang sempat menyentuh level 1.100an, penurunan terburuks sepanjang sejarah. Krisis ini menjadi perhatian serius pemerintah, dan menjadi peristiwa penting nomor 4 sepanjang tahun 2008.

3. Eksekusi Mati Amrozi Cs
Pelaku pemboman Bali 1 akhirnya di eksekusi mati. Eksekusi ini melegakan para korban yang menginginkan para pelaku segera dieksekusi, hal ini juga menunjukan bahwa Indonesia tidak metolerir tindakan teroris yang dapat mengganggu keamanan bangsa.

2. Pemberantasan Korupsi
Sepak terjang KPK dalam memberantas korupsi sepanjang tahun 2008 dianggap publik sebagai prestasi yang memuaskan, terbukti dengan banyaknya kasus-kasus korupsi yang berhasil diseret ke meja hijau. Sepak terjang KPK ini membuatnya menjadi peristiwa penting nomor 2 sepanjang tahun 2008.

1. Naik Turunnya BBM
Kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga BBM seiring turunnya harga minyak mentah dunia, menjadi peristiwa yang paling banyak disorot publik. Dalam waktu 1 bulan pemerintah hingga 2 kali menurunkan harga BBM. Penurunan ini diharapkan akan membuat harga-harga komoditas lainnya ikut turun. Naik-turunnya BBM ini berhasil menjadi puncak dari peristiwa penting yang mewarnai tahun 2008.

From anggazone.com

0 komentar:

ILMU itu HIDUP is wearing Blue Weed by Blog Oh! Blog | To Blogger by Gre at Template-Godown | Entries (RSS) and Comments (RSS).