Banner

ma2nkscientist
Blogger Ngalam blog-indonesia.com Trik-Tips Blog

01 Desember 2008

Jenis-jenis NARKOBA

Dengan zaman yang semakin berkembang, maka semakin banyak cobaan yang ditimbulkannya. Salah satu cobaan yang ada adalah NARKOBA. Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Dalam pembahasan kali ini, saya hanya mengambil pokok bahasan jenis-jenis narkoba. Berdasarkan informasi dari World Book 2004, jenis-jenis narkoba yang dilarang secara hukum untuk diperdagangkan dan diedarkan ke masyarakat adalah sebagai berikut.

  • Marijuana
Adalah nama umum untuk hemp, suatu tanaman tinggi mencapai dua meter, bentuk daun mirip daun singkong, warna daun hijau, dan tumbuh terbaik di daerah pegunungan, akan tetapi diseluruh bagian dunia tanaman ini dapat tumbuh. Zat kimia adictive utama di dalam marijuana adalah tetra hydrocannabinol (THG). yang dapat dideteksi melalui aor kencing (urin). Para pecandu narkoba menghisap marijuana atau ganja kering dengan rokok atau pipa.

Penyebab pemakaian marijuana adalah akan sangat bergantung terhadap zat itu dan jika tidak menggunakannya, maka si pecandu akan sakaw atau withdrawal dengan gejala macam-macam seperti mata berair, hidung berselesma, badan jadi nyeri, rasa amat menyiksa tidak tertahankan untuk mengkonsumsi lagi, dan lain-lain. Bila pemakaiannya secara berlebih, maka akan menyebabkan kehilangan memori, kemampuan belajar, dan motivasi. Marijuana juga menyebabkan distorsi persepsi, kehilangan koordinasi, detak jantung meningkat, timbul rasa cemas yang terus-menerus (anxiety), dan mendapat serangan panik si pemakai, dst.

  • Kokain (Cocaine)
Nama aslinya adalah ery throxylon coca (bahasa latin) yang mempunyai 250 spesies. Penemu kokain adalah seorang pakar kimia orang Italia bernama Paola Mantegazza (1831-1910) dalam penelitiannya di Argentina pada tahun 1950-an dan menyimpulkan tentang bahaya mengkonsumsi ekstrak coca. Kokain adalah zat stimulan yang amat kuat yang berasal dari tanaman-tanaman coca yang berasal dari Amerika Selatan.

Adanya akibat kokain terhadap fisik pemakai adalah terhambatnya saluran darah, pupil mata membesar (dilated pupils), panas badan meningkat, denyut jatung meningkat, dan tekanan dara meninggi. Pemakaian kokain juga dapat membuat si pemakai merasa gelisah (restless), nyeri, cemas, paranoid, berilusi. Kokain dapat menyebabkan kematian karena jantungnya berhenti atau pernafasannya tersendat lalu otak kekurangan oksigen.

  • Methamphetamine
Adalah sejenis obat yang kuat yang menyebabkan oarang yang kecanduan yang dapat merangsang saraf sentral. Methamphetamine dapat dikonsumsi melalui mulut, dihirup melalui hidung, dihisap bersama rokok, atau diinjeksikan ke tubuh melalui suntikan.

  • Heroin
Adalah termasuk ke dala kelompok opiates dari pohon opium poppy yang banyak tumbuh di daratan Asia. Heroin dibuat dari getah yang dikeringkan dari bunga dan buah pohon opium poppy. Heroin adalah obat addictive (yang membuat kecanduan) yang sangat kuat.

Jika heroin dihentikan, maka si pemakai akan craving yaitu tergila-gila akan heroin tersebut yang biasanya dinamakan sakaw pada pecandu putaw (sakawa artinya sakit karena putus putaw). Disamping itu dia gelisah, dakit pada otot dan tulang, insomnia (tidak bisa tidur), mencret dan muntah-muntah (muntaber), menendang-nendang kesana kemari secara tidak disadari, dan gejala-gejala tak menyenangkan lainnya.

  • Club Drugs
Adalah kelompok obat-obat yang biasanya digunakan oleh si pemakai di club-club pesta dansa dan tempat-tempat berkumpul serta keramaian lainnya. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah ekstasi, GHB, Rohypnol, dan Ketamine.

Ekstasi juga dikenal dengan nama MDMA dari nama kimianya 3-4 methylenedioxymethamphetamine, adalah sejenis obat untuk mengubah pikiran dengan berhalusinasi dan juga zat untuk merangsang (stimulan). Ekstasi dapat menyebabkan gejala jiwa seperti kekacauan pikiran depresi, bermasalah dalam hal tidur, kecemasan, dan paranoida. Sedangkan ciri-ciri fisik adalah ketegangan otot, muak/mual, pengelihatan kabur, pingsan, berkeringat atau kedinginan, tekanan darah dan denyut jantung meningkat.

Rohypnol mempunyai nama umum flunitrazepam yaitu sejenis obat penenang dan obat tidur (sleep inducing) yang dapat menyebabkan pemakai sangat relaks serta terjadi amnesia atau kehilngan ingatan. Obat ini berupa tablet dan ditelan untuk dicampurkan dengan minuman. Obat ini tidak berbau dan tidak berasa. Rhypnol membuat pemakai bergantung secara fisik dan psikis terhadap obat tersebut atau dinamakan juga kecanduan.

GHB (Gammahydroxybutyrate) adalah sejenis obat yang berbentuk tepung (powder) yang tidak berbau dan berwarna putih jernih (clear), dan ada juga yang berbentuk cairan. Obat ini sering disalahgunakan untuk bersenang-senang, obat penenang, dan sebagai obat pembentuk otot (muscle building). Tingkat ringan dari akibat over dosis GHB adalah kehilangan kesadaran, serangan jantung, dan koma.

Ketamine adalah sejenis obat anaesthetic untuk pembiusan yang sering digunakan dokter hewan untuk membius binatang. Gejalanya bila dipakai adalah menimbulkan efek halusinasi dan mimpi yang diinginkan.

dari berbagai sumber

0 komentar:

ILMU itu HIDUP is wearing Blue Weed by Blog Oh! Blog | To Blogger by Gre at Template-Godown | Entries (RSS) and Comments (RSS).