Banner

ma2nkscientist
Blogger Ngalam blog-indonesia.com Trik-Tips Blog

23 Desember 2008

Perkembangan ICT MAN 3 Malang

Man 3 Malang adalah salah satu sekolah yang berbasis islam yang bertempat di kota Malang, Jawa Timur. Dengan letaknya yang strategis di kota pendidikan dan berhawa dingin, maka sangatlah cocok sebagai tempat belajar yang nyaman. Fasilitas yang sangat mendukung pada madrasah ini merupakan salah satu alasan yang menjadikan siswa-siswanya merasa betah dalam proses pembelajaran. Madrasah yang sudah terlengkapi hotspot area ini sangatlah maju dalam perkembangan ICT (Information Communication Technology) atau lebih dikenal dengan sebutan TIK. Tak tanggung-tanggung, madrasah ini berani mendirikan pengembang ICT MAN 3 Malang yang disapa dengan PUSKOM (Pusat Komputer).

Puskom merupakan salah satu terobosan di MAN 3 Malang yang berguna untuk mengembangkan kemampuan ICT siswa dalam mengikuti perkembangan teknologi dunia. Perkembang teknologi dunia semakin bertambahnya zaman maka percepatannya semakin cepat pula. Di Jepang saja misalnya, siswa taman kanak-kanak disana sudah diperkenalkan komputer dan robot, masak kita kalah sih dengan mereka yang fasilitasnya sudah sangat eksklusif. Tetapi sekarang di madrasah yang telah menyandang juara LLSS ini sudah memperbaiki fasilitas ICTnya guna mengikuti zaman dan inilah perubahan yang pesat pada madrasah ini.

MAN 3 Malang dengan puskomnya telah menambahkan beberapa fasilitas bagi siswa dalam bidang teknologi. Mulai dari skala kecil hingga skala yang sangat besar yang dapat dipergunakan bukan warga madrasah. Perkembangan fasilitas tersebut dapat dilihat dari dilengkapinya LCD Proyektor pada setiap kelas, perpustakaan, Labolatorium, hingga Aula. Proses pembelajaran yang menggunakan LCD sebagai perantaranya ternyata lebih mudah diingat siswa untuk mengolah pemikirannya karena disajikan dengan bentuk visual yang terlihat menarik. Kemudian tersedianya hotspot area didalam kampus MAN 3 Malang yang sangat berguna bagi siswa maupun warga asrama dalam menerobos lingkungan maya. Adanya hotspot area hanya dapat digunakan bagi siswa yang mempunyai laptop yang terdapat wireless toolnya untuk dapat mengakses internet. Internet yang tersedia juga dapat digunakan siswa dalam belajar maupun sekedar berrefreshing belaka. Tersedianya website yang dikelola Puskom MAN 3 Malang juga salah satu bukti nyata perkembangan ICTnya yang dapat mengenalkan madrasah ke kalangan luar.

Tak hanya itu, semua komputer di MAN 3 Malang telah terhubung jaringan internet dan jaringan lokal yang disebut LAN. Jadi semua komputer di MAN 3 Malang insya Allah dapat digunakan untuk berakses internet mapun bertukar file dengan komputer lainnya yang searea.
Seperti halnya komputer yang tersedia di kelas XII Akselerasi yang sudah tersedia internet meskipun sekarang ini masih dalam proses perbaikan.

Perkembangan ICT di MAN 3 Malang tak luput dari peran serta beliau-beliau tim Puskom. Seperti pak Djoko, mas Prie, pak Bambang, mas Rio, dan mas Thomi. Beliau-belium merupakan barisan penggerak ICT M3M (sapaan MAN 3 Malang) guna memperbaiki kekurangan teknologi yang ada di kampus M3M dan merubahnya dengan yang lebih baik. Meskipun perkembangan ICTnya dipegang tim puskom, namun semua warga MAN 3 Malang juga mempunyai hak untuk mengembangkan ICT di kampus hijau MAN 3 Malang.

1 komentar:

Muh. Zainur Rohman mengatakan...

Alhamdulillah..

Tugas ini telah terselesaikan

ILMU itu HIDUP is wearing Blue Weed by Blog Oh! Blog | To Blogger by Gre at Template-Godown | Entries (RSS) and Comments (RSS).